Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Menggunakan Cara Alami

Ketika mengalami hidung tersumbat tentunya akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Hidung tersebut bisa membuat Anda merasa pusing dan juga disertai dengan gejala tidak enak badan lainnya yang dialami. Sehingga ketika hidung tersumbat, sebaiknya segera diatasi dengan berbagai cara yang dapat dilakukan. Cara mengatasi hidung tersumbat juga dengan mudah menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah dan mudah didapatkan.

hidung tersumbat

Beberapa cara untuk mengatasi hidung yang tersumbat dengan bahan alami yang bisa digunakan, yaitu:

•    Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan atau memasang humidifier. Cara ini bisa digunakan untuk meredakan rasa nyeri yang dirasakan ketika hidung tersumbat. Humidifier mempunyai manfaat untuk menjaga kelembaban udara di dalam ruangan, sehingga bisa mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh iritasi hingga sinus. Anda bisa memasang humidifier ini di titik penting yang sering digunakan seperti di kamar, ruang kerja, dan tempat lainnya.

•    Cara selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Selain dapat relaksasi, mandi menggunakan air hangat juga bagus untuk mengencerkan lendir yang ada di hidung dan mengatasi hidung tersumbat. Gunakan air hangat ketika mandi agar hidung tersumbat bisa cepat sembuh. Anda juga bisa menghirup uap air panas agar mengatasi hidung tersumbat.

•    Pastikan juga untuk tetap terhidrasi ketika hidung tersumbat, utamanya menggunakan teh hangat atau sup hangat.

•    Gunakan semprotan cairan yang dapat digunakan untuk hidrasi.

•    Bisa untuk mengeringkan sinus dengan menggunakan neti pot yang digunakan untuk mengeluarkan lendir dan cairan yang ada di hidung ketika tersumbat.

•    Bisa untuk mengompres dengan air hangat di bagian hidung yang tersumbat. Ulangi hal ini agar membuat kondisi semakin membaik.

•    Bisa untuk menggunakan obat yang digunakan untuk mengurangi iritasi yang terjadi di saluran hidung.

 

Cara mengatasi hidung tersumbat tersebut bisa dilakukan di rumah dengan mudah. Pastikan juga melakukannya agar bisa mencegah kondisi yang lebih parah. Tetapi apabila kondisinya tidak membaik dalam beberapa hari maka sebaiknya bawa dan periksakan ke dokter, karena hidung tersumbat juga merupakan gejala dari beberapa penyakit yang bisa diderita.